CESI "Summer Camp 2011" (Kamloops, BC Canada)

Kesempatan Belajar dan Bekerja di Kanada

Selasa, 07 September 2010 ·

Kanada telah lama dikenal sebagai negara imigran dengan ciri-ciri masyarakat yang pluralis dan multikulturalisme. Kehadiran imigran di negara ini sudah dimulai sejak tahun 1800-an dan saat ini sudah memasuki periode ke 8. Penerimaan imigran merupakan solusi yang dipandang tepat oleh pemerintah Kanada dalam mengatasi tantangan kependudukan di masa mendatang. Bahkan menurut hasil kajian para ahli diperkirakan bahwa tingkat pertumbuhan penduduk Kanada sesudah tahun 2031 akan sepenuhnya tergantung pada kaum imigran. Setiap tahunnya tidak kurang dari 2 juta calon pendatang berusaha untuk dapat masuk ke Kanada dan dari jumlah tersebut Pemerintah Kanada hanya menerima sekitar 250.000 orang.

Berbagai kelebihan dan peluang di atas menjadi salah satu faktor yang menstimulus KBRI Ottawa untuk mengadakan Dialog Interaktif mengenai “Kesempatan Belajar dan Bekerja di Kanada” dengan menghadirkan 3 orang pembicara dari masyarakat Indonesia di Ottawa guna berbagi informasi dan pengalaman mereka terkait dengan tema dialog.

Sebagai salah satu negara anggota G-8, Kanada memiliki sistem dan kualitas pendidikan yang baik dengan biaya yang kompetitif (biaya kuliah rata-rata per tahun berkisar antara C$ 10.000 – 20.000. dan sudah termasuk asuransi kesehatan) serta lingkungan yang relatif aman. Salah satu keuntungan yang diperoleh siswa internasional di Kanada adalah diberikannya kesempatan untuk bekerja, baik di lingkungan maupun di luar kampus. Selain itu, siswa internasional yang sudah lulus diberikan ijin untuk bekerja di Kanada untuk waktu maksimal 2 tahun pada lapangan pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka.

Tidak ada formula ampuh yang bisa menjamin sesorang untuk mendapatkan pekerjaan di Kanada karena banyak faktor yang menentukan keberhasilan tersebut antara lain waktu dan tempat yang tepat serta ketekunan dari yang bersangkutan. Meskipun membuka pintu yang lebar bagi pekerja asing namun terdapat kendala utama yang dihadapi para pekerja asing di Kanada mengenai pengakuan terhadap ijazah akademis dan/atau keahlian yang diperoleh serta pengalaman kerja Kanada yang tidak mereka miliki. Guna menyiasati berbagai kendala tersebut, mereka yang berkeinginan untuk mendapatkan pekerjaan di Kanada dapat mencoba saran praktis berikut : (a) melakukan pekerjaan sebagai volunteer pada berbagai insitusi yang ada di Kanada guna mendapatkan pengalaman kerja Kanada, (b) mencari informasi pekerjaan dari berbagai sumber, (c) menjalin jejaring kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang tidak dipublikasikan serta (d) mencari informasi pekerjaan pada situs yang disediakan oleh HRSDC (Human Resources and Social Development Canada) yang bisa diakses melalui http://jobbank.gc.ca/search_en.aspx?student=no.

Para pendatang yang masuk dan menetap ke Kanada untuk tujuan belajar dan bekerja kemudian banyak yang tertarik untuk mendapatkan status warga tetap (permanent resident) karena memiliki sejumlah keuntungan bagi mereka antara lain : (a) tidak kehilangan kewarganegaraan asalnya, (2) diijinkan tinggal di Kanada secara tetap untuk waktu yang tidak terbatas, (3) mendapatkan perlakuan yang sama dalam pendidikan, pekerjaaan dan kesehatan.

Bahan Presentasi ketiga pembicara tersebut di atas dapat DIAKSES/DIKLIK sebagai bahan referensi oleh mereka yang ingin belajar dan bekerja di Kanada.
KBRI Ottawa - Oktober 28, 2007
Sumber: http://www.indonesia-ottawa.org/information/details.php?type=news_copy&id=5083

0 komentar:

Arsip Blog

2011 CESI Summercamp

KONTAK PENTING

Konsultasi Pendidikan Kanada, Free !!!
Canadian Education Services International
Plaza UOB (ANZ Square)
Jl. M.H. Thamrin Kav. 8-9 Jakarta Indonesia
Telepon: +6221 30027311
Fax: +6221 30027312
E-mail: inquiry@studyandworkincanada.org

Kedutaan Kanada di Jakarta
World Trade Centre, Lt. 6
Jalan Jend. Sudirman Kav. 29-31
Jakarta 12920, Indonesia
Telepon:
(62) 21-2550-7800
Fax:
(62) 21-2550-7811
E-mail:
canadianembassy.jkrta@international.gc.ca

Komentar Anda


ShoutMix chat widget